Bangga

dari desa

Bermain

Menjadi

INDONESIA

line thin engkle
KLG
Putar Video

Kampung Lali Gadget

Kampung Lali Gadget adalah gerakan inovasi sosial yang bergerak pada bidang pendidikan dan kebudayaan. Permainan Tradisional sebagai pintu masuk mengatasi candu teknologi menjadi pemantik membuka upaya pendidikan merdeka bagi masyarakat, penumbuhan ekonomi kreatif, pedesaan, literasi, perlindungan anak, dan pembangunan manusia berkelanjutan. Yayasan Kampung Lali Gadget  berkomitmen menjadi terminal budaya organik dalam bentuk ruang merdeka multi komunitas.

Selengkapnya Tentang kami.....

Energi

Senyum anak-anak adalah energi kehidupan!

Bermain Benar,

Agar benar-benar bermain setiap hari!

Jika bermain dan permainan tradisional adalah tentang apa yang ada di masa lamapau yang bisa dihadirkan di masa kini. Maka itu namanya sekedar Klangenan atau romantisme!

Jika bermain tradisional adalah tentang sifat dari dunia “Kanak-Kanak” berarti menginjak remaja pemuda hingga dewasa anak manusia tidak lagi bermain. Anda yakin bahwa naluri bermain anak manusia bisa musnah dan hilang seiring perkembangan usia?

Jika bermain adalah ekspresi dari kejenuhan atas aneka beban hidup dan tekanan persoalan. Apakah bermain adalah serupa pelampiasan dendam atas waktu yang menjeratmu dalam hari-hari serba sibuk?

Jika bermain permainan adalah lawan kata dari kesungguhan atau keseriusan. Apakah fokus menjalankan proses bermain dengan semua energi yang di kerahkan sama tampak mimik seriusnya si pemain mau dibilang iseng?

Jika bermain adalah cara menghabiskan waktu luang. Berarti sama dunk dia dengan arti kata skoola dalam bahasa latin yang artinya habiskan waktu luangmu.

Bukankah setiap sifat dan naluri dasar manusia sulit terlepas dari unsur-unsur ludik?

Bukankah setiap cara bermain, alat bermain, bentuk permainan tradisional adalah wujud dari cipta rasa karsa yang mengenalkan manusia kembali pada kesejatiannya sebagai makhluk yang saling manunggal diantara Sukma, nyawa dan raganya?

Sudah menjadi karakter dasar bahkan makna bermain permainan tradisional adalah mendekatkan hubungan manusia dengan manusia, manusia dengan alamnya dan manusia dengan yang menciptakan manusia beserta alam seisinya.

Maturnuwun untuk semua kelimpahan dan anugerah kekuatan, kebisaan yang menjadikan berkemampuan secara bersama-sama ….

Salam bermain melampaui permainan,

Bocah Angon
“Jubir Kedutaan Republik Dolanan”