Jaringan Penggerak Komunitas Kreatif

Panjang umur para pembuat perubahan!

BBW Tangunan

BBW adalah komunitas sosial edukasi yang menciptakan ruang belajar dengan berbagi ketrampilan membangun pengetahuan.

BBW berdiri  dilatarbelakangi oleh pendidikan yang dinilai kurang menyentuh nilai-nilai sikap sehari-hari yang perlu dibutuhkan manusia menjadi sosok yang mampu memanusiakan sesama makhluk hidup. Ya minimal tidak buang sampah kertas di rak buku. 

Kegiatan yang dilaksanakan BBW, proses belajar mengajar teman sebaya yang terkoneksi sesuai kebutuhan.  “Anak butuh dulinan yo dulinan sambil belajar, anak butuh jalan-jalan di desaku yo jelajah sains di desa.”

Kegiatan yang pernah dilakukan BBW bersama KLG adalah main wayang damen yaa kak. Atau tempo hari kolaborasi partisipasi menjadi angin untuk mengitirkan sidoasik….

OPOS

OPOS adalah komunitas Satwa yang bergerak di bidang Satwa terutama di jenis Burung hantu terbentuk pada tahun 2018 hingga sekarang. OPOS berdiri dengan dilatarbelakangi oleh niat dan kemauan para pecinta burung hantu untuk mengedukasi bahwa burung hantu bukanlah mahkluk pembawa penyakit dan justru burung hantu bisa di sebut juga sahabat petani karena mampu mengendalikan hama tikus secara alami.

Kegiatan OPOS adalah Gathering Sosialisasi tentang Burung hantu dan OPOS perlahan tapi pasti akan membantu para petani di Sidoarjo dengan mendirikan Rubuha (Rumah Burung Hantu) dan memiliki progam kerja yang bernama “1001 Rubuha”

Kegiatan yang pernah dilakukan OPOS bersama KLG adalah Sosialisasi bareng , Dolanan bareng , dan membantu para petani di Desa bendet dengan cara membangun Rumah Burung hantu

KABUT MALAM

Kabut malam adalah komunitas literasi yang bergerak memajukan dunia pendidikan.

Kabut malam sendiri memiliki arti yaitu kabut berupa uap air yang berada dekat dengan permukaan tanah. Dapat dimaknai dengan kumpulan ide gagasan cita-cita yang membumi. Sedangkan malam memiliki arti waktu setelah matahari terbenam atau suatu masa dimana sebuah tempat tidak berhadapan dengan matahari. Dapat dimaknai optimisme dalam menyambut pagi dengan berfikir merenung merencanakan bertindakan berkumpul dan mengalang kekuatan dengan senyap dan sunyi. Kabut malam berdiri karena dilatarbelakangi oleh warga desa dan pemuda di desa banjarkemantren yang mulai sadar untuk membangun desa lebih hidup dan maju lagi.

Kegiatan kabut malam adalah diskusi, mengayomi, memberikan pengetahuan, edukasi,  berkebun, berdagang, mengaji bersaman. Kegiatan komunitas kabut malam sebenarnya banyak sekali berikut beberapa contohnya : dengan melakukan kegitan rutin yaitu kamisan sangar didalam nya melakukan kegitan istighosah bersama warga desa dan anak anak sekitar desa banjarkemantren,setelah itu kita belajar bersama dengan mereka. tidak hanya itu saja kegitan yang sudah dilakukan komunitas kabut malam sangat banyak sekali seperti,memperingati hari anak nasional, pembuatan pupuk organik dari bahan limbah pabrik, penanaman bibit jahe merah, lomba mewarnai tingkat sd, santunan saat pandemi covid 19 & santunan anak yatim piatu. kegiatan kabut malam yang baru -baru ialah melakukan kegiatan Outbond Berdesa bersama universitas PGRI adi buana surabaya jurusan PGSD dan budidaya maggot yang saat ini sedang dijalani.

Kegiatan yang pernah dilakukan kabut malam bersama KLG adalah diskusi ,elingpiode, hari anak nasional, sidoasik.

KAMPUNG SINAU

Kampoeng Sinaoe Sidoarjo merupakan komunitas belajar yang berada di desa Siwalanpanji kecamatan Buduran kabupaten Sidoarjo. Sebuah komunitas belajar yang di dalamnya ada mempelajari berbagai disiplin ilmu sehingga melahirkan kursus bahasa Inggris, bimbingan belajar tugas sekolah, kursus matematika, kursus bahasa Mandarin dan sebagainya.
Kampoeng Sinaoe Sidoarjo berdiri bukan karena niat untuk mendirikan namun karena butuhkan masyarakat akan pembelajaran di luar sekolah guna menunjang kemampuan yang maksimal dan menyelesaikan tugas sekolah.
Beberapa kegiatan Kampoeng Sinaoe Sidoarjo antara lain : Holiday Camp, Fun Days Learning, Bazar Amal, Sinaoe Dolan, Sedekah Jumat dan sebagainya.
Kegiatan Kampoeng Sinaoe yang pernah dilakukan bersama KLG adalah kegiatan Sinaoe Dolan, dimana kegiatan tersebut merupakan kolaborasi untuk menginisiasi dan melestarikan permainan tradisional agar tidak dilupakan oleh generasi sekarang dan mengurangi kecandungan gadget pada anak.

PERPUS GATDA

PG adalah Pergerakan Anak Muda yang bergerak di bidang Literasi, Pendidikan, Seni dan Budaya.
Di Bidang Literasi ada Perpus Keliling Pakai Becak
Di Bidang Pendidikan ada Les BaSa (Bayar Sampah)
Di Bidang Seni & Budaya ada Kegiatan latihan dan pementasan anak² setiap setahun sekali.

PG berdiri karena dilatarbelakangi oleh rasa gelisah Kak Agung Ridwan akan perpustakaan diam yg sedikit di pinjam oleh anak², setelah di teliti ternyata penyebabnya adalah jarak tempuh dan tidak ada yg mengantarkan anak² utk sampai di perpustakaan yg ada.

Kegiatan PG adalah setiap minggu pagi ada Perpus keliling pakai becak kalau pinjam bayar botol bekas atau sampah anorganik. Minggu sore ada les basa les bayar sampah di dekat makam.

Kegiatan yang pernah dilakukan PG bersama KLG adalah anak² tetangga yg biasa ikut pentas setahun sekali diajak utk ikut acara Elingpiade.

LENTERA ILMU

Lentera Ilmu adalah sebuah bimbingan belajar yang membantu anak-anak dalam mengembangkan potensi dan kemampuan dibidang pendidikan.

Lentera ilmu ini berdiri pada tanggal 7 Maret 2021. Latar belakang berdirinya sanggar belajar ini, berawal dari pemikiran para pengurus harian pemuda Karang Taruna Desa Terik untuk membantu dan memudahkan anak-anak Desa dalam proses mendapatkan pembelajaran.
Karena pada saat itu, pembelajaran di sekolah berlangsung secara daring, Sehingga tidak sedikit pula para orang tua yg mengeluhkan proses pembelajaran tersebut.
Yang mengutkan tekad pemuda Karang Taruna adalah supoort dr Pemerintah Desa Terik. Memang pada saat itu, Desa Terik memiliki sebuah perpustakaan desa yg bernama Sumber Ilmu. Namun karena kurangnya perawatan yang baik, akhirnya perpustakaan tersebut tidak berfungsi sebagaimana semestinya. Maka berawal dari sinilah, Pemerintah Desa tidak berpikir dua kali untuk mengiyakan inovasi pemuda Karang Taruna dalam mendirikan Sanggar Belajar yang bernama “Lentera Ilmu” sekaligus mem-branding perpustakaan Desa agar dikenal banyak orang baik didalam maupun diluar desa.

Lentera Ilmu ini dipercayakan kepada paa tentor yang ahli dibidangnya. Mereka juga pengurus dari Karang Taruna Desa Terik yaitu Ade Rindiani Kurniawan (Ketua Karang Taruna), Aldona Lailatul Ni’ma (Koordinator Seksi Pendidikan dan Pelatian), dan Dedi Irawan (Wakil Bidang Program Kerja.
) Kegiatan Lentera Ilmu ini Rutin dilakukan di perpustakaan Desa Terik setiap hari Minggu dan membebaskan biaya untuk anak anak Desa. Lentera ilmu juga pernah diberikan kesempatan untuk bisa bekerjasama dengan beberapa UNIV diantaranta pernah membantu dalam kegiatan KKN dari Universitas Airlangga Surabaya, Universitas Bhayangkara Surabaya, Universitas Trunojoyo, dan Kegiatan Play Mathematics bersama Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika UIN Sunan Ampel Surabaya.
Alhamdulillah berkat adanya kerjasama tersebut, nama lentera ilmu cukup dikenal oleh banyak orang.
Maka kami pun para tentor selalu saling menguatkan untuk bisa tetap eksis dibidang pendidikan. Salah satu program kerja kita yg telah terlaksana adalah kegiatan bersama Kampung Lali Gadget. Kegiatan Dolanan biji-bijian. Kegiatan ini sangat menyenangkan sekali. Disamping kita bisa sharing dengan Kak Irfandi (pendiri KLG) adik-adikpun juga mendapatkan edukasi tentang pengolahan biji²an agar menjadi benda yg bermanfaat.

Komunitas SSC

Save Street Child Sidoarjo adalah komunitas peduli anak jalanan dan anak marjinal (dhuafa) di kabupaten Sidoarjo, yang aktualisasikan dari kalangan pemuda untuk mengajak masyarakat peduli terhadap sesama khususnya pada anak jalanan

Save Street Child Sidoarjo berdiri karena dilatarbelakangi oleh keresahan terhadap adanya anak-anak yang main tidak pada tempatnya seperti di jalan Raya, sehingga rasa kepedulian itu dipupuk dan dikemas dalam suatu kelompok peduli terhadap anak jalanan yang ada di kabupaten sidoarjo

Kegiatan SSC adalah Kelas Merdeka yaitu kegiatan belajar-mengajar mengajak masyarakat untuk peduli terhadap pendidikan yang ditempuh anak jalanan
piknik asyik kegiatan tahunan mengajak anak merdeka berlibur ditempat wisata, kegiatan ini guna merefresh kembali dan memberikan mereka untuk bisa dapat bermain.
Beasiswa Anak Merdeka membantu pembiayaan administrasi sekolah dengan datang langsung sekolah, kegiatan ini guna meningkatkan semangat anak merdeka untuk memberi semangat lagi dalam belajarnya
makrab kegiatan tahunan para pengurus dan relawan untuk mempererat lagi jalin silaturahmi, kegiatan ini biasanya dilaksanakan di tempat wisata atau di tempat alam
Brave to Share selogan untuk kegiatan tahunan, kegiatan ini biasanya menyambut datangnya hari jadi tiba.

Kegiatan yang pernah dilakukan SSC bersama KLG adalah Dolanan tanpo gadget di tahun 2018, SidoAsik gandeng dengan DANS (Duta Anti Narkoba Sidoarjo) 2021, bukber bersama pemuda pemuda ipnu sidoarjo 2022

KOMUNITAS DOLAJET

Dolaget adalah komunitas sosial yang berupaya melestarikan permainan tradisional tanpa menafikkan perkembangam jaman (IT)

Dolajet berdiri karena dilatarbelakangi oleh keprihatinan kami melihat bergitu candunya atau tergantungnya anak anak dengan gawai sehingga menjadi pribadi yanh individu, serta anaan punahnya permainan tradisional yang penuh filosofi karena minimnya generasi yg memainkannya.

Kegiatan dolajet adalah melakukan kampanye terkait permainan tradisional dengan :
– tour di beberapa tempat di Kab Demak
– mengisi acara instansi
– rumah ramadhan
– BIMTEK

Kegiatan yang pernah dilakukan dolajet bersama KLG adalah
– study banding
– BIMTEK

IKATAN DANS

Ikatan DANS yang memiliki kepanjangan Ikatan Duta Anti Narkoba Sidoarjo adalah sebuah komunitas sosial para remaja yang peduli akan bahaya penyalahgunaan narkoba. DANS merupakan kepanjangan tangan dari BNNK dan DISPORAPARKAB Sidoarjo. DANS bergerak dibidang pencegahan bukan pemberantasan khususnya untuk mensosialisasikan bahaya narkoba kepada teman sebaya khususnya.

DANS berdiri karena dilatarbelakangi oleh Pak Suwignyo selaku Sekretaris BNK Sidoarjo (sebelum kemudian diubah menjadi BNNK Sidoarjo) dan merangkap sebagai pegawai di DISPORA Kabupaten Sidoarjo. Pak Suwignyo mencetuskan terbentuknya Duta Anti Narkoba Sidoarjo agar Kabupaten Sidoarjo memiliki kader pemuda yang memang peduli dan perhatian terhadap penyalahgunaan serta upaya P4GN.

Kegiatan – kegiatan yang telah dilakukan oleh Duta Anti Narkoba Sidoarjo diantaranya adalah sosialisasi desa, sosialisasi sekolah, sosialisasi bersama anak-anak, webinar, volunteer campaign, dan juga membuat konten-konten di media sosial terkait wawasan umum narkoba dan kasus-kasus terbaru mengenai narkoba.

Kegiatan yang pernah dilakukan DANS bersama KLG adalah Bermain dengan Media Sarung, Bedah Energi Kolaborasi, Diskusi/Sharing dan Buka Bersama SIDOASIK.

KAMPUNG DONGENG SURABAYA

Kado adalah komunitas kampung dongeng yang sudah di dirikan sejak tahun 1999 oleh kak Awam Prakoso. Beliau pendiri kampung dongeng Indonesia. Yang saat ini udah ada ratusan kampung dongeng di seluruh Indonesia. Bergerak menjadi pendamping imajinasi anak dalam banyak hal satu diantaranya literasi melalui dongeng untuk karakter” anak di Indonesia.

Kado berdiri karena dilatarbelakangi oleh adanya satu gerakan perubahan untuk mendampingi anak” Indonesia khususnya di kampung dongeng Surabaya menjadi salah satu wilayah yang bergerak sesuai visi dan misi kampung dongeng Indonesia. Satu di antaranya menjadi pendamping anak Indonesia.

Kegiatan Kado adalah hampir setiap hari pendongeng kampung dongeng Indonesia melakukan pergerakan yang utama adalah mendongeng.
Masih banyak kegiatan lainnya seperti pelatihan, mendongeng di lembaga” sekolah, pendidikan, TPQ, acara” rumah, dan lain-lain

Kegiatan yang pernah dilakukan kado bersama KLG adalah…

Kabar Jogosatru

Kabar jogosatru adalah komunitas pemuda desa jogosatru yang bergerak dibidang sosial dan jurnalistik

kabar jogosatru berdiri karena dilatarbelakangi oleh beberapa pemuda yang ingin berkarya kreatif untuk desanya jogosatru dibidang masing-masing

Kegiatan kabar jogosatru adalah membuat konten-konten diberbagai platform digital melalui kreatifitas berciri ciri khas desanya pada khususnya, Indonesia pada umumnya.

Kegiatan yang pernah dilakukan kabar Jogosatru bersama KLG adalah berkolaborasi di dalam program edukasi melalui permainan tradisional untuk anak-anak.

SAN

SENYUM ANAK NUSANTARA Merupakan sebuah komunitas sosial berbasis volunteer memiliki tujuan sebagai wadah bagi para generasi muda Indonesia yang memiliki jiwa sosial tinggi, untuk bergerak dan beraksi bersama serta berkolaborasi dalam satu visi dan misi.

San berdiri karena dilatarbelakangi oleh kesadaran dan keprihatinan mengenai kurangnya pendidikan untuk anak-anak yang setara dan sama antara kota dan pelosok. SAN sadar bahwa masa kanak-kanak adalah masa persiapan terbaik untuk mencetak generasi hebat di masa depan. Maka dari itu SAN terbentuk dan hadir untuk ikut berkontribusi secara nyata menyamakan dan mengatasi problematika yang terjadi di negeri ini terhadap ketimpangan pendidikan yang diperoleh anak-anak pelosok.


Kegiatan SAN mengacu pada 3M (MENGEDUKASI, MENGINSPIRASI DAN MEMOTIVASI) kepada anak-anak diseluruh Indonseia terutama di daerah tertinggal.

1. SEKOLAH NUSANTARA (TAMAN BACA)
Merupakan program pengabdian mengajar di sekolah dasar selama 5-6 Bulan. Dilaksanakan dengan berpedoman kurikulum sendiri dari SENYUM ANAK NUSANTARA yang tentunya berbeda dengan Kurikulum Nasional. Kurikulum ini bertujuan untuk memberikan pengajaran dan pelatihan yang selama ini tidak didapatkan oleh anak-anak sekolah dasar di pelosok.
Kegiatan ini turut berkolaborasi dengan seluruh komponen pemuda yang ada di setiap wilayah SAN Chapter.

2. EMP (EKSPEDISI MERAH PUTIH)
Merupakan kegiatan memperingati dan merayakan Hari Kemerdekaan Repbulik Indonesia di Panti Asuhan, atau desa pelosok bersama warga masyarakat serta tentunya anak-anak.

3. SSN (SERIBU SENYUM NUSANTARA)
Merupakan kegiatan sosial untuk menyemarakkan Bulan Ramdhan bersama anak-anak yatim piatu dengan belajar dan bermain.

4. SEJUTA (SEDEKAH JUMAT KITA)
Merupakan kegiatan sosial yang bertujuan untuk menumbuhkan semangat berbagi dengan membagikan nasi bungkus kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan terutama di jalanan.

Komunitas Ndonesia

Hompimpa Alaium Gambreng

Silaturahim Dolanan bersama anak-anak dan pemuda-pemudi Dsn. Curahkates, Ds. Opo-opo, Kec. Krejengan, Kab. Probolinggo. Desa yang berdekatan dengan desa saya sendiri, Jatiurip. Amat sangat senang melihat wajah-wajah polos anak-anak yang terlibat dalam dolanan tradisional ini.

Lebaran tahun ini serasa lebih fitri ketika saya dan kawan-kawan di Negeri Dolanan Anak Desa (Ndonesa) bisa berbagi manfaat dan kebahagiaan.

Saya melihat salah satu dari peserta yang hadir sangat semangat belajar memainkan Enggrang, permainan tradisional yang biasanya dibuat dari bambu. Bahkan anak itu sampai berkali-kali belajar, dan akhirnya bisa, padahal hanya beberapa jam saja belajarnya.

Untuk merasakan kebahagiaan yang sama, pada kesempatan libur lebaran tahun ini mereka tidak harus pelesiran ke tempat-tempat wisata, cukup dolanan di rumah saja. Tentunya lebih seru dan tidak membutuhkan biaya. THR yang mereka dapatkan dari sanak keluarga bisa ditabung untuk keperluan mereka sehari-hari.

Mohon maaf lahir dan batin…
Salam sungkem…
Salam bermain melampaui permainan, cak Ridhosaiful BocahAngon